10/09/2014

    Triumph Motorcycles Segera Meluncur di Indonesia

    JAKARTA – PT Triumph Motorcycles Indonesia (TMI), prinsipal sepeda motor Triumph asal Inggris, memastikan peluncuran sepeda motor Triumph di Indonesia, pada bulan September 2014. Sebanyak 12 model dengan berbagai tipe diluncurkan sekaligus, dengan kisaran harga mulai Rp 305 juta hingga sekitar Rp 500 juta (off the road). “Pasar motor besar di atas 500cc di Indonesia berkisar 3.500-4.000 unit per tahun. Kami optimis bisa meraih 10 persen,” tutur Paulus B Suranto, Managing Director TMI.

    Untuk mempersiapkan pemasarannya di Indonesia, TMI telah menunjuk beberapa dealer di Jakarta dan Serpong serta beberapa daerah lain di Jawa Barat, Jawa Timur hingga Bali. Dealer-dealer tersebut tak sekedar menjual produk, tetapi juga diwajibkan memiliki layanan perbaikan (bengkel) dan penjualan suku cadang. Fasilitas terpadu sales, services dan spare parts (3S) ini akan membuat konsumen lebih nyaman. “Kendala yang umum dialami konsumen sepeda motor besar adalah keterbatasan persediaan suku cadang. Di Triumph, kami punya stok suku cadang yang cukup, sehingga konsumen tak perlu menunggu impor dari negara asal, yang bisa memakan waktu berbulan-bulan,” kata Paulus.

    Tito Sulistio, Presiden Direktur PT Gerai Motor Terpadu (GMT), dealer eksklusif Triumph untuk wilayah pemasaran Jakarta, juga telah menyiapkan berbagai program untuk menyukseskan penjualan Triumph di Indonesia. Selain mempersiapkan dealer 3S dengan ruang pamer terbesar di dunia, yakni lebih dari 400m2 dan area halaman parkir sepeda motor seluas 1000m2, dealer GMT yang terletak di Pejaten Barat, Jakarta Selatan itu akan dijadikan pusat tempat berkumpul yang nyaman bagi penggemar motor besar berbagai merek di Jakarta. “Setiap Sabtu pagi akan diadakan aktivitas meet & greet. Bisa ngobrol sambil makan bubur ayam yang kami sediakan. Lalu kita bisa jalan bareng keliling Jakarta,” katanya.

    Triumph diproduksi pertama kali pada 1902. Sepeda motor pertamanya menggunakan mesin silinder tunggal 2.25 bhp, automatic inlet valve dan baterai/coil ignition buatan Minerva Belgia. Mesin ini ditumpangkan pada rangka sepeda buatan engineer Maurice Johann Schulte, yang sebelumnya juga dicoba menggunakan mesin Fahnir dan JA Prestwich (JAP).

    Tiga tahun kemudian, Triumph memperkenalkan sepeda motor dengan mesin buatan sendiri, yang didesain Schulte dan engineer Charles Hathaway. Sepeda motor bermesin side valve 300 cc dan bertenaga 3bhp itu mampu digenjot dengan kecepatan 45-60 km/jam. Dijual dengan harga 45 Poundsterling, produksinya mencapai 250 unit per tahun.

    Pada tahun 1907, lebih dari 1.000 unit Triumpph diproduksi. Mesin baru 450 cc bertenaga 3,5bhp diperkenalkan. Pembalap Jack Marshall dan Freddie Hulbert yang mengendarai Triumph, meraih peringkat ke-2 dan ke-3 pada balap motor pertama TT Race. Setahun kemudian, Jack Marshall memperbaiki peringkatnya menjadi juara pertama TT Race dan dinobatkan sebagai The Isle of Man 1908. Pembalap Triumph lainnya menempati posisi ke-3, 4, 5, 7 dan 10.

    Inovasi dan desain terobosan yang dilahirkan Triumph, telah mencetak banyak ikon yang terus dikenang, seperti Triumph Bonneville dan Scrambler yang masih diproduksi sejak tahun 1959 hingga saat ini. Triumph semakin memantapkan diri sebagai produsen sepeda motor yang disegani. Salah satu inovasi penting lainnya adalah mesin 3 silinder Triple Engine (1965) yang lebih stabil, ringan dan bertenaga.

    Popularitas Triumph juga ditunjukkan dari bintang-bintang Hollywood yang memilih Triumph sebagai sepeda motor koleksinya seperti Steve McQueen dan Marlon Brando. Triumph juga mengisi film layar lebar sebagai properti, seperti  Triumph Daytona 600 (Everything or Nothing, James Bond 2003). Triumph telah menjelma sebagai “mainan para pria” dan menjadi produk gaya hidup.

    Pada 1983, Triumph Motorcycles Ltd diambilalih oleh John Bloor, pengusaha Inggris yang ingin mempertahankan Triumph sebagai sepeda motor legendaris Inggris. Untuk membawa kembali Triumph ke puncak kejayaannya, filosofi For the Ride disematkan untuk Triumph, yang berarti enak dikendarai. 

    Related Items

    20/08/2015

    Let’s Explore More! The New Tiger 800

    Menghadirkan tiga varian baru. Disematkan fitur dan teknologi teranyar untuk memberikan kenyamanan selama berkendara.

    Read More
    20/08/2015

    Star From England

    Konsep booth ala Britania Raya. Launching tiga line up New Tiger 800 dan meresmikan dealer baru dengan konsep 3S.

    Read More
    25/06/2015

    Triumph Menunjukkan Keseriusan di Indonesia

    Membuka dealer-dealer baru. Siap memboyong line up teranyar di 2016!

    Read More
    Triumph-Motorcycles